Selasa, 16 Desember 2014

Cara Merakit Komputer Super Lengkap Dengan Gambar

Cara Merakit Komputer Super Lengkap Dengan Gambar
panduan tips trik tentang-komputer - Apakah kalian lagi mau mencari bagai mana Cara Merakit Komputer?  Bagi kalian yang kepingin mencari artikel tentang cara merakit PC Per Komputer, Laptop silahkan disimak artikel mengenai Cara Merakit Komputer dengan Gambar paling lengkap ini.
Cara Merakit Komputer Super Lengkap Dengan Gambar

Sebelum memulai perakitan komputer, perlengkapan yg perlu disiapkan seperti : tang, obeng, kabel, sekrup, jumper, baut, driver & program aplikasi. & juga hrs diperhatikan mengenai kompatibilitas Per kesesuaian dari komponen-komponen terhadap motherboard karena setiap jenis motherboard mendukung macam prosessor, RAM, port serta  alat tambahan lain nya.

Langkah-Langkah Merakit Komputer :

1. Memasang Motherboard.

cara memasang motherboard
cara memasang motherboard
Untuk memasang Motherboard pada casing yaitu letakkan motherboard pada tray casing dan sesuaikan lubang antara casing dan lubang motherboard, lalu kunci dengan sekrup.


2. Pasangkan Processor, CPU Cooler & Memory/RAM ke Motherboard.

Processor ialah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer & digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yg berperan untuk mengerjakan perhitungan serta menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh Motherboard, serta dpt diganti dengan Processor yang lain asalkan sesuai dgn socket yang ada pada Motherboard. Salah satu yg sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari macam dan kapasitas Processor.

A. Cara memasang Processor ialah sebagai berikut :

cara memasang prosesor
cara memasang prosesor
Buka pengunci Socket Processor pada Motherboard seperti yang terlihat pada gambar di atas.
Pasangkan Processor ke Motherboard. (PENTING...! Perhatikan bahwa Processor memiliki tanda pada salah satu sudutnya, dlm hal ini biasanya ditandai dengan lekukan, lubang atau anak panah).
Cocokan tanda tersebut dengan tanda yg ada pada Socket Processor (Jika Kamu melakukan hal tersebut di atas dengan tepat, maka Processor akn bisa dimasukkan ke socketnya dengan baik & benar).
Kemudian kunci kembali socket tersebut, dgn cara menekan tuas kebawah dan mengaitkan pada pengunci yang ada.

B. Cara Memasang CPU Cooler (Pendingin CPU) :

cara memasang cpu
cara memasang cpu
Siapkan CPU Cooler dan Pasta Processor.
Lapisi Processor yg sudah terpasang & permukaan CPU Cooler dengan pasta yang telah dipersiapkan tadi.
Kemudian pasangkan CPU Cooler tepat diatas Processor yang sudah terpasang, lalu kencangkan pengunci pada CPU Cooler.
Hubungkan daya yg terdapat pada CPU Cooler dgn Motherboard.

C. Cara Memasang Memory/RAM :

Cara Memasang Memory atau RAM
Cara Memasang Memory atau RAM
Perhatikan slot memory Anda, apakah telah sesuai dgn jenis memory yang Anda gunakan.
Jika sudah sesuai, maka pasangkan memory komputer Anda pada slot yg telah disediakan.
Kemudian klik pengait pada masing-masing ujung memory agar memory tak bergerak-gerak.

3. Memasang Power Supply.
Memasang Power Supply
Memasang Power Supply

Biasanya kalau kita membeli casing pasti power supply telah terpasang. Nah apabila power supply belom terpasang caranya memasangnya perhatikan gambar di atas yaitu Memasang Power Supply.

4. Memasang Hardisk dan CD/DVD Drive.

memasang hardisk sata maupun ata
memasang hardisk sata maupun ata
 
Sebelum memasang Hardisk ke casing langkah pertama yg hrs kamu lakukan ialah mengenal jenis Hardisk yang akan Lw gunakan. Untuk Hardisk yang sering digunakan ketika ini yaitu Hardisk ATA & SATA. Bila Sampean Menggunakan Hardisk ATA maka kabel penghubung dari Hardisk ke Motherboard yang harus Anda gunakan merupakan Kabel IDE, & jika Nte menggunakan Hardisk SATA maka silahkan gunakan kabel SATA. Perbedaan kabel IDE dan SATA terletak pada fisik kabel, kabel ATA lebih lebar dari pada kabel SATA. Biasanya kabel ATA digunakan untuk beberapa perangkat lain selain dari pada Hardisk seperti CD/DVD-ROM.
tutorial merakit komputer asek asek jos
A. Cara memasang Hardisk merupakan sebagai berikut :

Cara memasang jumper hardisk
Cara memasang jumper hardisk
Pertama, aturlah jumper pada hard disk. Jumper ini ada di bagian belakang hardisk serta mempunyai tiga sampai lima pasang pin. Bila hardisk yang akn Kamu pasang cuma satu, maka setlah jumper ke posisi ”MASTER”. Jika ada dua hardisk, maka cabut jumper hard disk ke dua dan posisikan sebagai ”SLAVE”. Petunjunk pemasangan jumper biasanya ada pada sisi atas hardisk.
Pasang kabel data SATA pada port data di belakang hardisk. Pemasangannya tdk sulit. Cocokkan saja ujung kabel dengan port data di hardisk, jadi tidak mungkin terbalik. Lalu, pasang ujung satunya dari kabel data tersebut pada port SATA 1 atau primary SATA pada Motherboard. Cara pemasangannya sama dgn pemasangan ke hardisk. Utk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini, klik gambar utk memperbesar nya :
memasang kabel IDE hardisk
memasang kabel IDE hardisk
Kemudian letakkan hardisk pada tempat yg sudah disediakan di casing, biasanya ada beberapa slot, kemudian kencangkan dengan skrup yg tersedia. Setelah tersebut pasanglah kabel power dari Power Supply ke Hardisk seperti gambar langkah 4 di atas. Bila Power Supply Anda model lama yg gak mempunyai kabel power utk SATA, Sampean dpt menggunakan kabel power Konverter Utk lebih jelas nya perhatikan gambar kabel power konverter di bawah ini, klik gambar utk memperbesar :
kabel power konverter
kabel power konverter

B. Cara pemasangan CD/DVD drive adalah sebagai berikut :

Untuk pemasangan CD/DVD drive ini kurang lebih sama dgn pemasangan Hardisk. Cuma penempatannya saja yang sedikit berbeda, biasanya CD/DVD Drive ditempatkan pada bagian teratas pada casing. Sebelum menempatkan CD/DVD Drive, buka dulu penutupnya yang terbuat dari plastik, Kemudian tekan penutupnya dari bagian dalam.

5. Merakit kabel komputer.

Setelah semua komponen komputer terpasang, langkah selanjutnya merupakan merakit kabel-kabel komputer, baik kabel I/O, kabel hardisk, kabel CD ROM, Kabel power CPU dll. Sampean cukup memperhatikan gambar berikut ini utk panduan Engkau memasang kabel-kabel utk merakit komputer Anda.

Sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan langkah yg satu ini, karna ini adalah salah satu yg paling central dlm merakit komputer, jika kabel yang Anda hubungkan ternyata salah maka akn berakibat fatal. Akn tapi Anda tdk perlu khawatir berlebihan, setiap kabel telah disetting sedemikian rupa agar berbeda dengan yg lain, jadi Anda tinggal mencocokkan saja dgn colokannya. Berikut ialah beberapa gambar utk merakit kabel-kabel komputer, klik pada gambar utk memperbesar gambar :

Merakit kabel komputer
Merakit kabel komputer
6. Memasang Card Adapter.
Untuk Card Adapter yg bisanya dipasang adalah sound, video card, modem dan SCSI adapter. Cara pemasangannya yaitu : masukkan Card Adapter pada slot yang tersedia di motherboard, lalu tekan sampai konektor benar-benar masuk, setelah itu beri sekrup sebagai penahan card. Utk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini, klik gambar utk memperbesar nya :

cara Memasang Card Adapter.
cara Memasang Card Adapter.

7. Tahap terakhir perakitan komputer.

Kalau semua langkah-langkah perakitan komputer sudah selesai, kini tutup dgn casing dan beri sekrup. Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan jg hubungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard & konektor mouse ke port mouse.

8. Pemeriksaan Hasil Perakitan Komputer.

Setelah komputer selesai dirakit, kita lakukan pemeriksaan & pengetesan hasilnya dengan program BIOS, caranya yaitu :

Nyalakan komputer & monitor, lihat layar monitor serta juga dengarkan suara dari speaker.
Nah program Fost dari Bios ini akn otomatis mendeteksi hardware apa saja yg sudah dipasang pada komputer.
Lakukan setting untuk nilai dari kapasitas hardisk & boot sequence.
Kalau telah lalu simpan hasil settingan & exit dari setup BIOS, maka komputer meload system operasi dgn urutan pencarian yg disesuaikan dgn settingan boot sequence pada Bios.
Masukkan CD Bootable yg berisi sistem operasi pada drive pencarian.

CATATAN PENTING...!!!

Solusi jika terjadi masalah pada hasil perakitan komputer :
Hidupkan komputer, apabila komputer & monitor tdk hidup, periksa kabel daya pada colokan listrik sudah terhubung apa belum.
Apabila waktu dinyalakan, tampilan layar monitor ngeblank / berwarna hitam, pasti ada kesalahan & apabila pada CPU terdengar bunyi beep, maka betulkan penempatan RAM Per memori pada soket.
Apabila card adapter tak terdeteksi, periksa penempatan card adapter sudah pas apa blm ke slotnya.
Apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksa konektornya sudah terhubung apa belum.

Perakitan komputer lw sudah selesay bila anda mau meneruskan masalah tahap penginstalan system oprasi & pemasangan lain nya BACA SAJA DI DUNIA KOMPUTER. cuma di BERBAGI ILMU-TERLENGKAP.

Soure http://www.adhitsblog.com/2014/12/cara-merakit-komputer-super-lengkap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar