Minggu, 05 April 2015

Perkuat Fungsi Panca Indra Bayi dengan 5 Cara Ini

Perkuat Fungsi Panca Indra Bayi dengan 5 Cara Ini


Sistem panca indra seseorang dapat berperan dengan baik jika sudah dilatih sejak bayi, bahkan sejak dlm kandungan. Rangsangan yang tepat bisa membantu bayi mengembangkan fungsi sistem indranya.

Berikut 5 langkah yg dapat Engkau lakukan utk memperkuat perkembangan panca indra bayi, seperti dilansir parenting, Senin (12/11/12) yaitu:

1. Membuat wewangian untuk memperkuat indra penciuman
Para ahli menyatakan bahwa indra yg paling awal berkembang pada manusia merupakan indra penciuman, yang telah berkembang sejak dalam kandungan. Pada akhir trimester pertama kehamilan, bayi telah mampu mencium makanan yang dimakan ibu. Hal ini terjadi karna bau dpt menyeberangi cairan ketuban.

Pada minggu pertama kehidupan bayi setelah dilahirkan, hidung bayi telah dapat membedakan antara bau ASI ibunya & bau ASI dari ibu lain. Bayi yang baru lahir langsung bisa menyesuaikan indra penciumannya dengan lingkungan dibanding keempat indra yang lain.

Untuk memperkuat indra penciuman bayi, hindari paparan asap rokok sejak hamil karna bayi telah bisa menyadari bau yg kurang menyenangkan sejak dlm kandungan. Ketika sedang bersantai, nyalakan lilin aromaterapi dengan bau lavender yang menyenangkan.

2. Sentuhlah utk memperkuat indra peraba
Beberapa bulan pertama kehidupan, bayi masih sangat pasif dan masih bergantung pada stimulasi dan sentuhan yg nyaman dari org dewasa. Mulai pada usia 4 bulan, telah ada perubahan pada bayi seperti dapat menyentuh serta menjangkau benda yg terdekat, seperti selimut, mainan, & wajah ibu.

Cara meningkatkan kekuatan indra peraba bayia merupakan menyentuh kulit bayi yg masih sangat sensitif dengan lembut atau memijatnya. Bayi benar-benar dpt merasakan getaran dari tubuh ibu saat Kamu menyentuhnya. http://modernlivingroom.org/color/living-room-color-combinations/

Sentuhan dari kulit ke kulit bisa memberikan efek yg menyenangkan bagi bayi, terutama bila bayi berbaring di dada Anda karena bisa membantu mengatur pernapasan serta suhu tubuh. Kenakan selimut yang lembut agar kulit bayi dapat terlindungi.

3. Lakukan kontak mata sesering mungkin untuk memperkuat indra penglihatan
Kemampuan bayi utk mengembangkan indra penglihatan akn berkembang secara bertahap setelah usia enam atau tujuh bulan pertama kehidupan. Bayi yg baru lahir cuma mampu memfokuskan penglihatan sejauh 8 hingga 15 inchi.

Pada akhir bulan pertama, jarak pandang bayi sudah meningkat menjadi sekitar tiga meter serta pada usia 3 bulan, bayi mulai mampu mengenali suatu benda atau wajah seseorang. Bila Engkau berpikir mata bayi Engkau tak mampu menemukan benda-benda di sekitarnya setelah berusia 3 bulan, konsultasikan dengan dokter.

Bayi jg mengalami kesulitan membedakan satu warna dari yang lain sebelum usia 4 bulan. Utk membantu meningkatkan kepekaan indra penglihatan bayi, lakukan kontak mata dengan bayi untuk membantu bayi agar fokus pada wajah Anda. Jangan menyusui sambil memegang ponsel atau melihat layar komputer.

Kemudian pastikan bayi berada dlm posisi yg nyaman, karna posisi leher & kepala yang tepat sangat penting untuk mengembangkan penglihatan bayi.

4. Berikan rangsangan suara utk memperkuat indra pendengaran
Bayi sudah mengembangkan indra pendengarannya sejak di dalam rahim serta penelitian telah menunjukkan bahwa bayi dpt mengenali suara ibunya. Pada usia sekitar 2 bulan, bayi mulai merespons suara orang tuanya dgn memunculkan suara-suara kecil.

Cara membantu bayi meningkatkan kemampuan indra pendengarannya, jangan menimbulkan suara yg terlalu keras di dekat bayi seperti bunyi alat musik yg meraung-raung karena bisa merusak pendengarannya. Berbicalah kepada bayi serta awasi responsnya.

Jika bayi tak merespons suara Anda sama sekali dan tdk mengeluarkan satu kata pun saat sudah berusia 7 bulan, konsultasikan dgn dokter. Hal ini mungkin terjadi masalah pada pendengaran atau perkembangannya berbicara.

5. Ibu mesti makan makanan yg bervariasi untuk memperkuat indra perasa bayi
Selera seseorang sebenarnya sudah terbentuk sejak lahir. Bayi yg baru lahir secara alami telah mampu mengidentifikasi rasa manis serta rasa asin, yang ialah hal baik, karna ASI mengandung kedua rasa tersebut.

Setelah bayi siap utk makanan padat, biasanya sekitar 6 bulan, pilihlah makanan yg mempunyai rasa manis alami seperti buah dan kentang manis. Jangan memberikan sayuran dgn rasa sedikit pahit seperti bayam, karena selera bayi masih sangat sensitif.

Untuk mengurangi kecenderungan pilih-pilih makanan, bahkan ketika kehamilan, ibu mesti mencoba untuk makan makanan yang sehat dan bervariasi. Ketika menyusui pun, ibu mesti makan makanan yg beraneka ragam agar bayi dpt mengenali beragam macam rasa melalui ASI.

Ternyata Usus Buntu Tak Perlu Operasi, Cukup Kasih Antibiotik Living Room Color Combinations

Tidak ada komentar:

Posting Komentar