Senin, 06 April 2015

Kemampuan-kemampuan Menakjubkan dari Otak Bayi

Kemampuan-kemampuan Menakjubkan dari Otak Bayi


Apa yang dpt dilakukan oleh bayi mungkin dianggap hal yg sepele bagi org dewasa lantaran bayi belom bisa mengimbangi percakapan org dewasa. Tetapi sebenarnya bayi dpt membuktikan kepandaiannya. Setelah para ilmuwan menemukan cara untuk mengungkap kemampuan bayi, ternyata bayi mempunyai banyak kemampuan otak yang cukup cerdas serta menakjubkan.

Kira-kira kemampuan menakjubkan apa saja yg ada pada otak bayi?

Berikut 9 kemampuan menakjubkan dari otak bayi seperti dikutip dari LiveScience, Rabu (14/3/2012) antara lain:

1. Mengetahui siapa yg memiliki kedudukan lebih tinggi

Dari usia 10 bulan, bayi mengetahui dan mengerti hal-hal yang cukup benar. Berdasarkan hasil penelitian yg telah diterbitkan dlm jurnal Science menunjukkan bayi mengerti hirarki (urutan kedudukan) sosial serta mengetahui ukuran yang bisa menentukan siapa yg bertanggung jawab.
http://modernlivingroom.org/furniture/living-room-rugs-pinterest/

2. Mengerti ekspresi emosi anjing

Bahkan sebelum bayi bisa mengatakan kata `mama` serta `papa`, bayi sudah dapat menguraikan dan mengerti emosi anjing. Sebuah studi pada tahun 2009 menemukan bayi usia 6 bulan telah dpt menunjukkan bahasa badan yang sesuai.

”Emosi adalah salah satu hal pertama yang bisa ditangkap bayi dalam dunia sosial,” kata pemimpin peneliti Ross Flom, seorang profesor psikologi di Brigham Young University, Utah.

Hasil studi itu telah dipublikasikan dlm jurnal Developmental Psychology.

3. Memahami suasana hati serta emosi

Sementara bayi masih belum dapat berbicara, ia mungkin tahu kapan org dewasa sedang merasa terpuruk. Sekitar usia 5 bulan, bayi dpt secara akurat memilih sebuah lagu yg dapat membangkitkan emosi positif.

Hal tersebut berdasarkan hasil sebuah penelitian yg sudah diterbitkan pada tahun 2010 dalam jurnal Neuron. Pada usia 9 bulan, bayi jg bisa mengidentifikasi suara sedih dari beberapa lagu.

4. Dpt menari mengikuti irama musik

Berbicara tentang musik, bayi tdk dapat bila tak bereaksi saat mendengar musik tersebut. Tdk hanya telinga bayi yang dpt mengikuti ketukan, bayi sebenarnya dpt menari. Hal tersebut berdasarkan hasil sebuah penelitian yg diterbitkan pada tahun 2010.

Bayi dapat melakukan gerakan tari dengan tangan, kaki serta badannya sesuai dengan irama atau alunan musik. Kemampuan menari ialah bawaan pada manusia, meskipun para peneliti gak percaya mengapa hal tersebut bisa berevolusi.

Hasil penelitian itu sudah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

5. Meniru tindakan org lain

Sebuah studi pada tahun 2009 mengungkapkan saat bayi berusia 9 bulan yang melihat orang dewasa sebagai sebuah objek, maka daerah motor di otak bayi akn diaktifkan seolah-olah benar-benar melakukannya.

Para peneliti studi menunjukkan bahwa neuron cermin yang banyak berperan. Bayi mempunyai kemampuan prediktif yang bisa membantunya menanggapi tindakan orang lain. Hal itu berdasarkan hasil penelitian yang sudah diterbitkan dlm jurnal Biology Letters.

6. Belajar dgn cepat ketika tidur

Menurut sebuah studi pada tahun 2010, bayi rupanya dapat belajar bahkan ketika tidur. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh para peneliti yang melibatkan 26 bayi yang sedang tidur.

”Seperti bayi yg baru lahir menghabiskan sebagian besar waktu mereka tidur, kemampuan tersebut mungkin penting untuk dapat cepat beradaptasi dengan dunia di sekitarnya dan membantu utk memastikan kelangsungan hidup bayi,” kata peneliti.

Hasil studi itu telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

7. Bayi dpt mengerti suara yang ditujukan pada mereka

Dalam sebuah studi pada tahun 2006, bayi yg berusia 7 bulan dpt mengerti suara atau bunyi yang ditujukan pada mereka. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

8. Bisa membedakan dua bahasa yang berbeda

Pada penelitian pada tahun 2007 yang telah diterbitkan dalam jurnal Science menunjukkan bahwa, bayi usia 4-6 bulan dpt menghabiskan lebih banyak waktu utk melihat orang yg berbicara kepadanya mengucapkan kalimat dlm bahasa yang berbeda.

Hal tersebut menunjukkan bahwa bayi dapat membedakan antara kedua bahasa tersebut. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi mulai memahami tata bahasa, pengolahan tata bahasa & kata-kata secara bersamaan pada usia 15 bulan.

”Bayi yg baru lahir dapat dikatakan cerdas dlm bahasa lantaran bayi memiliki kemampuan dengan tidak sulit belajar salah satu bahasa di dunia,” kata psikolog George Hollich dari Purdue University.

9. Dapat menilai karakter org cukup baik

Mengelompokkan orang lain sebagai bermanfaat atau berbahaya sangat penting saat memilih teman. & kemampuan tersebut bisa mulai dimiliki sejak bayi.

Kemampuan menilai karakter dapat menjadi langkah pertama bayi dlm pembentukan moral. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yg telah diterbitkan pada tahun 2007 di jurnal Nature.

Berbagai Istilah Tas Palsu, Mulai dari KW 3 Sampai KW Ori Living Room Rugs Pinterest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar