Senin, 30 Maret 2015

8 Manfaat Film Barat yang Perlu Anda Ketahui

8 Manfaat Film Barat yang Perlu Anda Ketahui

Film barat atau Hollywood, sebut saja seperti itu, memiliki daya tarik tersendiri & selalu mendapat tempat di hati para penggemarnya, termasuk saya. Mulai dari film ber-genre Action, Horor, Thriller, Animasi dan lain sebagainya. Mungkin film jenis Action-lah yang paling banyak diminati oleh masyarakat kita saat ini.


Sejatinya, film barat ngga melulu identik dengan hal-hal yang negatif, tergantung bagaimana kami dlm menyikapinya. Memang tdk dapat dipungkiri, yg namanya film, bagaikan dua sisi mata uang, di satu sisi terdapat hal positif (yang bisa diambil sebagai pelajaran) & di sisi lain terdapat hal-hal negatif (harus kita buang jauh-jauh).



Kita pun dituntut utk pandai-pandai dalam memilih mana sekiranya film yang layak untuk ditonton, jika memang ingin disaksikan oleh seluruh anggota keluarga. Mengingat film barat lebih didominasi utk dikonsumsi oleh orang dewasa. Jika memang ingin mengajak si kecil untuk sama-sama menonton film barat, pilihlah film-film bernilai edukasi yg sesuai dgn usia si kecil.

Terlepas dari itu semua, kali ini abdi hanya akan menceritakan dari sisi yg positifnya saja, kami singkirkan sisi yang negatif jauh-jauh. http://modernlivingroom.org/furniture/modern-living-room-sets/

1. Belajar bahasa asing

Mayoritas film barat banyak berasal dari tanah Amerika, ya lantaran tersebut disebut Hollywood, kalau dari tanah India disebut Bollywood serta kalau dari tanah Tegal ya njenenge Nggoliwet. SKIP!!.

Dengan menyaksikan film barat setidaknya kami bisa mempelajari bahasa Inggris sedikit demi sedikit serta tak tertutup kemungkinan jg bisa belajar bahasa asing yg lainnya. Tentu saja bagi yg tertarik utk mempelajarinya.

Cara belajar bahasa asing melalui tayangan film memang terbilang cukup unik sobat blogger. Yah tetapi setidaknya kami dapat mengambil manfaatnya, dengan belajar bahasa asing, iya nggak??! & ane rasa bukan cuma mampu untuk mempelajari bahasanya saja, tapi kami pun bisa mempelajari logat org bule ketika berbicara bahasa Inggris.


Sebagai contoh : bagaimana logat orang Perancis saat berbicara bahasa Inggris, pun begitu jg dengan logat org Rusia, Jerman, India serta lain sebagainya.

2. Disiplin


Hal positif lainnya yang bisa kita ambil dari film barat ialah mengenai masalah kedisiplinan. Kebiasaan disiplin diri sudah mulai dikenalkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Semisal :
Jam berapa si anak harus mulai tidur malam.
Si anak hrs belajar mandiri dengan cara tidur di kamar yg terpisah.
Membiarkan si anak membawa barang bawaannya sendiri selagi dia mampu.
Makanlah di meja makan mu serta dilarang sambil melakukan kegiatan lain, semisal makan sambil nonton TV.
Belajar menghargai org lain.
Dan lain sebagainya.
Sebagian besar film Hollywood menerapkan kebiasaan baik ini kepada anak-anak mereka sejak dini. Seolah mereka kepingin menunjukkan kepada dunia, `Inilah cara kita mengajarkan kedisiplinan kepada anak-anak kami`. Atau kalau diterjemahkan ke dlm bahasa Cilacap berarti : `This is how we teach disciplinary to our children`.

Berangkat dari kebiasaan baik tersebut, tak ada salahnya jika kami bisa mengambilnya sebagai pelajaran utk setelah itu diterapkan kepada anak-anak kita. Tapi harap diingat ya, ambil yang positifnya saja.

3. Berkeliling dunia



Dengan menyaksikan film Barat, secara tdk langsung kami dpt mengetahui lokasi di mana film itu berlangsung. Kita pun menjadi tahu nama-nama tempat di suatu Negara, entah tersebut hanya sekedar sebuah Monumen, Museum, Taman, Patung, Sungai, Stasiun, Mall & lain sebagainya.

Meskipun abdi tidak pernah keluar negeri, tapi ane menjadi tahu, negara Perancis itu seperti apa, Belanda, Amerika bahkan hingga seluruh penjuru dunia. Yah setidaknya sekarang saya dapat membedakan mana Ciputat dan mana Washington DC.


4. Ikut berfikir


Film barat mempunyai tingkat kreativitas yang sangat tinggi. Mengapa gw berkata demikian?? Dgn menonton film barat, terutama yang ber-genre Thriller (sesuatu yg menegangkan atau mengerikan), kita akn diajak berfikir utk menebak siapakah tokoh antagonis (pelaku kejahatan) yang sebenarnya dalam film tersebut. Lantaran sebagian besar film ber-genre thriller ini lebih mengarah kepada pembunuhan sadis.


Dari awal film sampai hampir tamat, dipastikan 90% kita akan salah menebak siapa tokoh antagonis (pelaku kejahatan) yang sebenarnya. Film barat yang didominasi oleh teka teki ini memang sangat cocok bagi kami yg memiliki otak minimalis, seperti saya.

Agar supaya melatih otak dan dpt terus berkembang. Mungkin selama ini otak kami lama `tertidur` akibat di ninabobokan oleh tayangan Sinetron.

5. Mengenal teknologi canggih


Tak dapat dipungkiri, film Hollywood identik selalu menampilkan teknologi canggih, mulai dari gadget, robot bahkan sampai dengan kendaraan super canggih. Secara gak langsung, Amerika bermaksud memamerkan kemajuan teknologi yg sebenarnya melalui tayangan sebuah film. Kita pun seolah `dipaksa` utk melihat kecanggihan teknologi yang membuat iri banyak negara, termasuk Indonesia.

Dengan melihat tayangan film-film Hollywood, kami pun sedikit banyak dpt mengenal berbagai macam teknologi canggih.


6. Mengenal bintang Hollywood


Banyak film Hollywood yg beredar, membuat kita sedikit banyak mengenal para pemain filmnya, baik aktor maupun aktrisnya. Mulai dari aktor kawakan semisal : Arnold Suasanasegar, Dwayne `The Rock` Johnson (mantan pegulat), Leonardo DiCaprio hingga Keanu Reeves serta lain sebagainya.

Setidaknya, seandainya suatu hari nanti kami ketemu sama Mas Leonardo DiCaprio sewaktu beliau order kolor & sandal jepit di pasar Tanah Abang, kita pun tdk asing lagi dgn wajahnya serta ngga canggung lagi. Lantaran kita seringkali melihat wajahnya yg wara wiri di layar kaca.

7. Fashion dan lifestyle

Tidak dapat dipungkiri lagi, dewasa ini budaya Indonesia sudah dirasuki oleh budaya barat yang mengakibatkan semakin terkikisnya budaya aseli bangsa ini. Misalnya melalui film barat. Kita lihat bagaimana budaya fashion maupun lifestyle yg lainnya begitu mempengaruhi anak-anak muda kita berkat tayangan film tersebut.

Tidak ada yg salah dengan masuknya budaya barat ke dlm tanah Indonesia ini. Yg salah ialah ketidak mampuan kita dlm menyerap setiap budaya yang masuk, apakah itu baik buat kami serta sesuai dgn adat kesopanan org timur atau malah sebaliknya.

Jadi saringlah segala sesuatu yang datangnya dari luar, & ambillah sesuatu yg sekiranya bermanfaat serta juga baik, meskipun tersebut hanyalah sebuah fashion atau lifestyle. Jadi jangan hingga salah kaprah dlm menyikapinya ya anak muda.

8. Sejarah


Tak sedikit film-film barat yg mengambil tema tentang sejarah. Tentu saja film dengan latar belakang yang memaparkan tentang sejarah akn sedikit banyak menambah wawasan kita. Bukan gak mungkin, hal itu bisa menjadikan bertambahnya ilmu sejarah kita. Sajian apik yang ditayangkan oleh film-film barat ini sangat jauh dari kata monoton. Penonton pun masih dpt diajak untuk menebak jalan cerita dalam sebuah film.

----

Bagaimana sobat blogger?? Tdk semuanya film-film barat atau Hollywood tersebut negatif, selama kita dapat menyaring mana yg baik dan membuang mana yg tak sesuai dengan norma kesopanan maupun adat bangsa Timur.

Ke-8 manfaat di atas adalah hasil pengamatan & pengalaman abdi sendiri selama menjadi penikmat film-film Hollywood. Bagaimana dgn Anda?? Apakah mempunyai referensi tambahan?! Silahkan langsung saja sharing di kotak komentar agar bisa menambah wawasan baru buat aku & para blogger lainnya.

Semoga bermanfaat...

Arti Jatuh Dalam Bahasa Sunda Modern Living Room Sets

Tidak ada komentar:

Posting Komentar